Senin, 30 September 2013

TUGAS RESUME

SISTEM KOMPUTER

Pengertian Sistem Komputer
     Secara umum pengertian sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem itu sendiri.
      Sedangkan pengertian dari sistem komputer adalah kumpula dari hardware, software, dan brainware yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan tujuanpokok dari sistem komputer itu sendiri.

Tujuan Pokok Sistem Komputer
      Tidak hanya manusia yang mempunyai tujuan pokok untuk hidup namun komputer juga memiliki tujuan pokok yaitu mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Hubungan Antar Elemen PAda Sistem Komputer
      Hubungan antar elemen yang ada pada sistem komputer itu sangat penting yang tidak lain adalah hubungan antara hardware, software, dan brainware. hubungan ketiganya sangat tidak bisa di pisahkan. bisa dibayangkan bila salah satu dari ke tiga elemen tersebut hilang maka sudah dapat di pastikan jika sistem komputer tidak akan bisa berjalan. contohnya: jika hardwarenya tidak ada maka software tidak akan bisa dioperasikan oleh brainware, begitu juga sebaliknya jika salah satu dari ke3nya tidak ada.

Hardware
     Hardware itu sendiri adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.hardware sendiri dibagi menjadi input device, processing device, output device, storage device (internal & eksternal), dan peripheral (unit tambahan). adapun contoh - contoh dari hardware yaitu:


Software 
     Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.software dibagi menjadi operating system (windows, linux, dsb), application software (microsoft office, game, editor photo, dsb), dan programing language (java, cobol language, fortran, dsb). 



Braiware
    Brainware adalah salah satu elemen dari sistem komputer yang berfungsi sebagai yang menjalankan sistem komputer tersebut atau lebih gampangnya adalah manusia. adapun syarat yang di bikin oleh my lecturer syarat untuk menjadi brainware yaitu: sehat akal, tidak dalam keadaan gangguan jiwa (gila), dalam keadaan sadar, bisa mengoprasikan elemenn lainnya.

Penggolongan Komputer dari beberapa Sudutn Pandang
 Berdasarkan data yang diolah
  1. Komputer Analog yang bersifat kontinyue dan prosesnya sangat cepat contohnya jam dinding
  2. Komputer Digital yang datanya berupa angka dan hasilnya lebih cepat 
  3. Komputer Hybrid yaitu penggabungan dari komputer digital dan komputer analog yang bersifat lebih cepat dan hasilnya pun juga tepat.
 Berdasarkan penggunaan
  1. Spesial-purpose computer salah satu contohnya adalah GPS yag pada umumnya berbentuk analog computer
  2. General-purpose Computer salah satu contohya adalah komputer pada umumnya yang berbentuk digital computer.
Berdasarkan ukuran
  1. micro computer
  2. mini computer
  3. small computer
  4. medium computer
  5. large computer
  6. super computer
Pada saat ini jenis komputer micro, mini, dan small komputer itu di gabungkan menjadi satu yang di sebut PC. sedangkan komputer jenis medium dan large digabungkan menjadi satu yang disebut super komputer, jadi super komputer adalah penggabungan dari beberapa banyak komputer biasanya dalam menggunakan server.

Berdasarkan generasi
      Berdasarkan generasi komputer dibagi menjadi 6 generasi yaitu:
  1. komputer generasi 1 pada tahun 1946-1959
  2. komputer generasi ke 2 pada tahun 1959-1965
  3. komputer generasi ke 3 pada tahun  1965-1970
  4. komputer generasi ke 4 pada tahun 1970-1980an
  5. komputer generasi ke 5 pada tahun 1980an-sekarang


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar