Kamis, 25 Juli 2013

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sebenarnya perkembangan IT sudah terjadi sejak zaman prasejarah yaitu penyampaian informasi yang selanjutnya disebut sebagai perkembangan teknologi informasi, mulai dari pelukisan gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua sampai akhirnya dimasa modern sekarang muncullah yang bernama internet. Namun sebelum kita membahas perkembangan teknologi di masa modern kita akan flashback sedikit ke masa dimana pertama kalinya IT ditemukan. Dan akan membahas pula tentang etika berinternet. Lets see... :)

A. Prasejarah

    Pada zaman prasejarah, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sarana untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang mereka peroleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tempat tinggal mereka misalnya saja tentang berburu dan binatang buruannya. 

    Pada tahun  300 SM untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol yang setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda.  Pada 500 SM manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas yang nantinya akan menjadi media sarana komunikasi. Pada tahum 150 M bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. 

                             Piktografi                        

serat papyrus
                                   Hieroglif                                                   
Kertas yang ditemukan bangsa Cina

 

B. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

     Pada masa modern perkembangan IT sudah berkembang sejak tahun 1400 M hingga sekarang. dan pada tahun 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu. Tahun 1830 Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. 

     Tahun 1973 – 1990 Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP, Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada. 

     Tahun 1991 – SekarangSistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

referensi: http://tikom2sobang.wordpress.com

2. Etika Berinternet 

    Pada dasarnya setiap perilaku pasti memiliki etika yang harus di jaga, apalagi dalam berinternet juga memiliki atika yang harus di perhatikan agar dalam menggunakan layanan internet tidak menyalahi aturan yang telah ada. Adapun beberapa etika dalam berintarnet yaitu:

1. Tidak membicarakan orang lain di hal layak atau ditempat-tempat yang dapat terpublikasi.

2. Tidak menggunakan bahasa-bahasa yang tidak di mengerti orang banyak, kalau istilah kerennya sekarang adalah bahasa alay atau tulisan - tulisan yang dirulis dengan mencampurkan angka didalamnya. contohnya: s14p4 (siapa).

3. Jawablah pertanyaan sesuai apa yang ditanyakan

4. jika ada yang ingin menambahkan etika berinternet, silahkan comment :)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar